Unduh

Di sini saya hanya mencantumkan buku-buku pokok tentang bahasa Aceh. Masih ada puluhan buku lainnya yang tersedia di situs http://acehbooks.org. Silakan diunduh.

Kamus Bahasa Aceh:
* Kamus Umum Indonesia – Aceh
* Kamus Aceh – Indonesia Jilid 1 dan Jilid 2
* Kamus Aceh – Belanda oleh J. Kreemer, 1931
* Kamus Aceh – Belanda oleh K.F.H. van Langen, 1889
* Kamus Melayu – Belanda – Aceh oleh P. Arriëns, 1880
* Daftar Kata Belanda – Aceh oleh Th. Veltman, 1906

Kamus Elektronik
* Kamus Bahasa Aceh versi mobile
* Kamus Bahasa Aceh di Linux BlankOn

Tata Bahasa Aceh
* Kaidah Bahasa Aceh oleh Wildan.
* Bahasa Aceh oleh Budiman Sulaiman.
* Bahasa Aceh Jilid 1 dan Jilid 2 oleh Budiman Sulaiman
* A contextual grammar of Acehnese sentences oleh Dr. Abdul Gani Asyik, M.A.
* The agreement system in Acehnese oleh Dr. Abdul Gani Asyik, M.A.
* A grammar of Acehnese : on the basis of a dialect of North Aceh oleh Dr. Mark Durie Ph. D

Hubungan bahasa Aceh dengan bahasa Campa:
* Acehnese and the Aceh-Chamic Language Family
* Dating the separation of Acehnese and Chamic
* Achehnese dialects in connection with Chamic migrations
* The Historical Place of Acehnese: The Known and the Unknown
* Revisiting the expansion of the Chamic language family

Lain-Lain:
* Peribahasa Aceh oleh Hasjim, MK dkk, 1977
* Kumpulan tulisan berbahasa Aceh dari GAM
* Game Meurunoe Beuet

Karya tulis saya:
* Acehnese Swadesh Word List
* Ejaan Bahasa Aceh
* Bahasa Aceh Dialek Seulimeum
* Dialek Bahasa Aceh
* Hubungan Bahasa Aceh dengan Bahasa Melayu

  1. gani
    22 Februari 2011 pukul 10:21 pm

    tolong ajari cara bicara bhsa aceh.
    trima kasih

  2. Teuku Azhari Ilyas Hasbi
    21 Juni 2011 pukul 2:00 pm

    Assw teungku..nyou uloen neuk tanyeoung. meunyou lam bahasa indonesia kata SANDI lam bahsa aceh seupadan ngeon kata pue ? pue SANDI teutap SANDI ? meunyoe na neuteupue, neu bagi ileumee. teuriemeong geunaseh that.

  3. 22 Juni 2011 pukul 7:53 am

    k/ Azhari : Meunyo lam kamuih Indonesia – Aceh ata M. Hasan Basry teutuleh “lageuem rahsia”..

  4. Khaidir
    20 Januari 2012 pukul 8:31 pm

    Askum…….!!
    Peu arti ” Cemekam ” Dlm Bhsa Indonesia.

  5. 27 Februari 2012 pukul 1:10 pm

    @Khaidir: “Ceumeukam” bahasa Indonesianya “katimumul”. Bahasa kedokterannya “paronikia”.

  6. carlos sibarani
    11 Maret 2012 pukul 11:20 pm

    klu bahasa aceh nya aq cinta km apa???
    trus klu bhs acehnya mau tdk km jd istri aq apa??
    tlng di kasih tau tq…

  7. 12 Maret 2012 pukul 2:03 pm

    @Carlos:
    aku cinta kamu = lôn galak keu gata
    mau tidak kamu jadi istri aku? = peuë gata tatém jeuët keu peurumoh lôn? :)

  8. 13 Maret 2012 pukul 12:12 pm

    gak bisa di-download T___T

  9. 14 Maret 2012 pukul 12:57 pm

    @Millati: Yang mana gak bisa diunduh?

  10. 16 Maret 2012 pukul 3:41 pm

    yang kamus. cuma muncul identitas buku aja tapi yang pdf ga bisa diambil

  11. indah
    20 Maret 2012 pukul 2:33 pm

    apa bahasa acehnya,..enak gak abang kenalan ma adek???
    apa abang sudah bosan sama adek????
    apa abang mau jadi suami adek???/
    tolong ya kasih tau

  12. 23 Maret 2012 pukul 1:02 am

    Millati, untuk mengunduhnya diklik di lambang pdf-nya yang paling bawah. Tapi, gapapa sekarang sudah saya ubah tautannya langsung ke dokumennya yang berbentuk pdf..

  13. Anonymous
    24 April 2012 pukul 3:13 pm

    Saya mau belajar bahasa Aceh…..izin mengunduh ya…:) terimakasih..

  14. 22 Mei 2012 pukul 11:36 pm

    Indah, buat apa tuh??? Hihihi.. :D

  15. 26 Juni 2012 pukul 12:27 pm

    izin download ya.. makasih banyak… :)

  16. Kamal Ahmad
    22 Juli 2012 pukul 1:44 am

    InsyaAllah, Aceh beu ek ta peu teungoh teuma..:)

  17. 21 Oktober 2012 pukul 11:41 pm

    Assalamu’alaikum… hanjeut ta unduh… jeut neu ubah dari pdf keu jar.. aplikasi lon han jitem baca… trimong keunaseeh….

  18. 27 Oktober 2012 pukul 7:06 pm

    Irfan, wlkmslm. Nyan cit ka lam format pdf Aduen. H’an jeuet lonubah le.

  19. Ina
    28 Oktober 2012 pukul 11:00 am

    Apa artinya dalam bahasa indonesia “Bek tuo uro Nyo” ? Bisa bantu?

  20. 28 Oktober 2012 pukul 5:53 pm

    Bèk tuwo uroë nyoë = Jangan lupa hari ini

    ________________________________

  21. tengku arya
    31 Oktober 2012 pukul 12:51 pm

    udah didownload tarimong genaseh…

  22. 3 November 2012 pukul 8:07 am

    izin download yah…terimakasih…salam kenal….

  23. Anonymous
    9 November 2012 pukul 9:14 am

    ijin donlod , thx

  24. 4 Desember 2012 pukul 4:09 pm

    boh punti taukan bahasa indonesianya apa kok tdk ada dgn mbah gogle..tks

  25. Rizky
    21 Desember 2012 pukul 12:12 am

    Aku pengen bisa belajar bhasa aceh..kekasihku orang aceh.gmana cranya

  26. armiya
    21 Desember 2012 pukul 7:14 pm

    izin ngunduh ya ,,,
    perlu kamus bhsa aceh nea, ada tgas kmpus …
    trimeng geunaseh ….

  27. 5 Januari 2013 pukul 4:26 pm

    Cara pengucapannya eu apa seperti bahasa sunda? Kalau nyanyak (?) apa artinya?

  28. 14 Januari 2013 pukul 8:03 pm

    Aysha, bunyi /eu/ bahasa Aceh tidak sama dengan bunyi /eu/ dalam bahasa Sunda. Untuk mendengar bunyi /eu/ bisa didengar di .

    Nyanyak itu panggilan kesayangan untuk anak. Diambil dari kata “manyak” yang artinya “kecil”. Variasinya ada kata “nyak” dan “sinyak”. Selain itu kata “nyak” juga bisa panggilan untuk ibu.

  29. Anonymous
    28 Januari 2013 pukul 6:33 pm

    omaa bereh that blog nyoe,,,:D

  30. cheleea
    6 Februari 2013 pukul 9:35 am

    disediain juga versi mp3 donk ka… jadi bisa belajar dialek nya juga

  31. 11 Februari 2013 pukul 9:04 pm

    MP3 lagu Aceh?

  32. alfiana zahra syarifa
    16 Maret 2013 pukul 12:26 pm

    saya juga ingin belajar bahasa aceh ajarin dong

  33. Anonymous
    7 April 2013 pukul 3:41 pm

    mau tanya..kalo bahasa acehnya SUKA-SUKA SAYA ??? mkaasi

  34. iyii
    7 April 2013 pukul 8:28 pm

    mau belajar bahasa aceeeh ;) uniiik

  35. Anonymous
    23 April 2013 pukul 2:49 pm

    munyoe bahasa aceh jih esmenen pue adoen ? :D

  36. Anonymous
    5 Mei 2013 pukul 10:12 am

    Izin unduh yaa….ada PR bhs aceh

  37. 15 Mei 2013 pukul 2:54 pm

    suka-suka saya = galak-galak lôn

    esmenen, nyan hom :)

  38. jeck
    25 Mei 2013 pukul 7:19 pm

    Bang kalau bahasa aceh dasar orang susah apa’an ya.tolong dong

  39. 2 Juni 2013 pukul 11:55 pm

    Jeck, kalau untuk yang jelek-jelek lebih baik ga usah diterjemah ya. Hehe :)

  40. nasata
    10 Juni 2013 pukul 9:36 am

    pak tolong di buatkan ke ebook
    dan byetnya tidak besar

  41. Anonymous
    11 Juni 2013 pukul 3:30 pm

    Bahasa acehnya aku takut kehilanganmu apa yach??

  42. Anonymous
    12 Juni 2013 pukul 1:44 pm

    kalau ini artinya apa ?
    “Ngah..Futry indah mulia hati sekedang nafraah ?”

  43. 19 Juni 2013 pukul 11:10 am

    Wah, bukan bahasa Aceh tuh.. :)

  44. Farel
    13 Juli 2013 pukul 1:07 pm

    bhs acehnya….engkau cinta sejatiku, semoga Alllah SWT memberkahi….apa yaaa

  45. bellasafira
    29 Juli 2013 pukul 1:06 am

    bhs aceh ke bhs indonesia,,tlg d tag makasi,,,

  46. 4 Oktober 2013 pukul 8:41 am

    mantap udah boleh bikin yang untuk android tuh

  47. 26 Oktober 2013 pukul 3:59 pm

    biar cepat bisa bahasa aceh gi mane y.

  48. cici
    28 Oktober 2013 pukul 1:54 pm

    kalau mau download kamus nya gmn??saya mahasiswi master linguistik ingin membedah ttg kategori bahasa aceh dgn pisau bedah morfologi generatif
    saya butuh byk referensi…kalau boleh dan tdk merepotkan tlg krm ke email saya:chyci_naeka86@yahoo.com
    thanx before :)

  49. 29 Oktober 2013 pukul 10:19 am

    Cici, tinggal diklik saja link-nya. Itu langsung ke berkasnya dalam bentuk pdf.

  50. 29 Oktober 2013 pukul 10:20 am

    Supaya cepat bisa, praktekkan berbicara bahasa Aceh dengan orang Aceh..

  51. cici
    7 November 2013 pukul 3:34 pm

    thanx ya atas saran nya :)

  52. Diza Rubiani
    27 Februari 2014 pukul 5:28 pm

    Itu bagus,agar menambah pengetahuan

  53. 1 Maret 2014 pukul 2:20 pm

    assalamualaikum lon neuek tanyeng peu ceumeukeu’ek dlmbhs indonesia?

  54. 6 Maret 2014 pukul 7:39 pm

    Ceumeukök = Cegukan (Indonesia) = Hiccup (English)

  55. fanny
    15 Maret 2014 pukul 8:43 pm

    Aq pengen bhasa aceh. Krna aq suku aceh. Malu klo gk bs bhasa aceh

  56. 17 Maret 2014 pukul 1:42 am

    Yg mana yg mau di unduh…kok ga bisa ya? Hana tupue

  57. 18 Maret 2014 pukul 1:21 pm

    gc tau, , kalau bhsa aceh apa. . .m0h0n d blz

  58. 24 Maret 2014 pukul 4:46 pm

    kurik pe ara ate we apa lagi jema , #ike jemen seni lebih mu ate kurik daripada jema

    ini artinya apa ndan ??

  59. 25 Maret 2014 pukul 4:09 pm

    Yusdi, itu bahasa Gayo, bukan bahasa Aceh. Bahasa Gayo itu salah satu bahasa daerah yang ada di Aceh dituturkan di wilayah dataran tinggi.

  60. 25 Maret 2014 pukul 4:09 pm

    Ga tau = Hana tupeuë

  61. Anonymous
    21 April 2014 pukul 6:39 pm

    Bahasa acehnya tercinta apa? Mohon di bales

  62. Miksal
    30 April 2014 pukul 12:33 am

    Alah di awak nyo yg jeut bhs aceh pih ulok2

  63. putri dayen butar-butar
    23 Mei 2014 pukul 11:36 am

    kenapa gak bisa di donload sih !!!!!!???????????????????

  64. putri dayen butar-butar
    23 Mei 2014 pukul 11:41 am

    kak balasya dan tolong dibuat agar bisa di DONLOAD

  65. putri dayen butar-butar
    23 Mei 2014 pukul 11:43 am

    kak blsya bahasa Aceh seluruh tubuh dari rambut-ujung kaki tolong ya kak

  66. indra
    31 Mei 2014 pukul 9:16 am

    mau tanya arti dari : be meuno medeh ?

  67. 25 Juni 2014 pukul 11:05 pm

    Bèk meunoë meudéh, arti harfiahnya “jangan begini begitu”. Kalau diartikan secara makna, lebih kurang “jangan banyak tingkah”.

  68. 25 Juni 2014 pukul 11:06 pm

    Putri Dayen, udah ada postingannya tentang anggota tubuh. Coba dilihat-lihat lagi..

  69. 25 Juni 2014 pukul 11:06 pm

    Yang mana ga bisa diunduh Putri? Kayaknya ga ada masalah..

  70. eva
    9 Juli 2014 pukul 12:58 pm

    assalamualaikum saya ingin bertanya keujren blang itu artinya apa ya,,,? terimakasih

  71. Anonymous
    17 Juli 2014 pukul 5:43 pm

    bahasa aceh nya selamat tingall masa lalu apo

  72. 17 Agustus 2014 pukul 7:53 am

    That careung ureung pngeut kmus ny0e

  73. Anonymous
    27 Agustus 2014 pukul 12:00 am

    Ingin belajar bahasa aceh, boleh ay di kasie tau !

  74. 3 Desember 2014 pukul 1:48 pm

    Assalamualaikum..saya mau belajar bahasa aceh, karena saya lahir Dan besar dijakarta. Mohon petunjuknya. Makasih ya..walaikum Salem.

  75. 16 April 2015 pukul 2:13 pm

    Meunyoe iniem, bahasa indonesia pue?

  76. 19 April 2015 pukul 4:45 pm

    Iniëm = bagian bersabut pada pangkal daun jenis tanaman palma (Kamus Aceh – Indonesia)

  77. Anonymous
    10 Mei 2015 pukul 6:09 pm

    wah ternyata banyak yah yg mau mengenal tentang aceh. salam

  78. 10 Mei 2015 pukul 6:12 pm

    wate perle peng sabe tan soe bantu pue yak bantu gob papma ju keudeh, mohon translate y

  79. 19 Mei 2015 pukul 2:22 pm

    “wate perle peng sabe tan soe bantu pue yak bantu gob papma ju keudeh” kira2 ditermahkan:
    Waktu perlu duit, selalu ga ada yang bantu. Ngapain batu orang lain. Enyahlah sana.

  80. Anonymous
    20 Mei 2015 pukul 9:08 am

    Sangat bagus sekali

  81. 6 Juni 2015 pukul 12:13 am

    Jipoet. itu apa eah bhs indonesia nya?

  82. 6 Juni 2015 pukul 12:39 am

    Jinoe han le taniet na itu arti ny apa,mhon d blz eah,trus wet2 aneuk sabe arti ny apa,’

  83. 20 Juni 2015 pukul 4:33 pm

    Jipôt = Bertiup
    Angèn jipôt teuga that = Angin bertiup sangat kuat

    Jinoë h’an lé taniët na = Sekarang sudah kita dihiraukan
    Jinoë = sekarang
    H’an lé = tidak lagi
    Taniët = kita berniat
    Na = ada

    Wét-wét = Putar-putar (jalan-jalan)
    Aneuk = Anak
    Sabé = Selalu

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: