Unduh

Di sini saya hanya mencantumkan buku-buku pokok tentang bahasa Aceh. Masih ada puluhan buku lainnya yang tersedia di situs http://acehbooks.org. Silakan diunduh.

Kamus Bahasa Aceh:
* Kamus Umum Indonesia – Aceh
* Kamus Aceh – Indonesia Jilid 1 dan Jilid 2
* Kamus Aceh – Belanda oleh J. Kreemer, 1931
* Kamus Aceh – Belanda oleh K.F.H. van Langen, 1889
* Kamus Melayu – Belanda – Aceh oleh P. Arriëns, 1880
* Daftar Kata Belanda – Aceh oleh Th. Veltman, 1906

Kamus Elektronik
* Kamus Bahasa Aceh versi mobile
* Kamus Bahasa Aceh di Linux BlankOn

Tata Bahasa Aceh
* Kaidah Bahasa Aceh oleh Wildan.
* Bahasa Aceh oleh Budiman Sulaiman.
* Bahasa Aceh Jilid 1 dan Jilid 2 oleh Budiman Sulaiman
* A contextual grammar of Acehnese sentences oleh Dr. Abdul Gani Asyik, M.A.
* The agreement system in Acehnese oleh Dr. Abdul Gani Asyik, M.A.
* A grammar of Acehnese : on the basis of a dialect of North Aceh oleh Dr. Mark Durie Ph. D

Hubungan bahasa Aceh dengan bahasa Campa:
* Acehnese and the Aceh-Chamic Language Family
* Dating the separation of Acehnese and Chamic
* Achehnese dialects in connection with Chamic migrations
* The Historical Place of Acehnese: The Known and the Unknown
* Revisiting the expansion of the Chamic language family

Lain-Lain:
* Peribahasa Aceh oleh Hasjim, MK dkk, 1977
* Kumpulan tulisan berbahasa Aceh dari GAM
* Game Meurunoe Beuet

Karya tulis saya:
* Acehnese Swadesh Word List
* Ejaan Bahasa Aceh
* Bahasa Aceh Dialek Seulimeum
* Dialek Bahasa Aceh
* Hubungan Bahasa Aceh dengan Bahasa Melayu

  1. gani
    22 February 2011 at 10:21 pm

    tolong ajari cara bicara bhsa aceh.
    trima kasih

  2. Teuku Azhari Ilyas Hasbi
    21 June 2011 at 2:00 pm

    Assw teungku..nyou uloen neuk tanyeoung. meunyou lam bahasa indonesia kata SANDI lam bahsa aceh seupadan ngeon kata pue ? pue SANDI teutap SANDI ? meunyoe na neuteupue, neu bagi ileumee. teuriemeong geunaseh that.

  3. 22 June 2011 at 7:53 am

    k/ Azhari : Meunyo lam kamuih Indonesia – Aceh ata M. Hasan Basry teutuleh “lageuem rahsia”..

  4. Khaidir
    20 January 2012 at 8:31 pm

    Askum…….!!
    Peu arti ” Cemekam ” Dlm Bhsa Indonesia.

  5. 27 February 2012 at 1:10 pm

    @Khaidir: “Ceumeukam” bahasa Indonesianya “katimumul”. Bahasa kedokterannya “paronikia”.

  6. carlos sibarani
    11 March 2012 at 11:20 pm

    klu bahasa aceh nya aq cinta km apa???
    trus klu bhs acehnya mau tdk km jd istri aq apa??
    tlng di kasih tau tq…

  7. 12 March 2012 at 2:03 pm

    @Carlos:
    aku cinta kamu = lôn galak keu gata
    mau tidak kamu jadi istri aku? = peuë gata tatém jeuët keu peurumoh lôn?:)

  8. 13 March 2012 at 12:12 pm

    gak bisa di-download T___T

  9. 14 March 2012 at 12:57 pm

    @Millati: Yang mana gak bisa diunduh?

  10. 16 March 2012 at 3:41 pm

    yang kamus. cuma muncul identitas buku aja tapi yang pdf ga bisa diambil

  11. indah
    20 March 2012 at 2:33 pm

    apa bahasa acehnya,..enak gak abang kenalan ma adek???
    apa abang sudah bosan sama adek????
    apa abang mau jadi suami adek???/
    tolong ya kasih tau

  12. 23 March 2012 at 1:02 am

    Millati, untuk mengunduhnya diklik di lambang pdf-nya yang paling bawah. Tapi, gapapa sekarang sudah saya ubah tautannya langsung ke dokumennya yang berbentuk pdf..

  13. Anonymous
    24 April 2012 at 3:13 pm

    Saya mau belajar bahasa Aceh…..izin mengunduh ya…:) terimakasih..

  14. 22 May 2012 at 11:36 pm

    Indah, buat apa tuh??? Hihihi..😀

  15. 26 June 2012 at 12:27 pm

    izin download ya.. makasih banyak…:)

  16. Kamal Ahmad
    22 July 2012 at 1:44 am

    InsyaAllah, Aceh beu ek ta peu teungoh teuma..:)

  17. 21 October 2012 at 11:41 pm

    Assalamu’alaikum… hanjeut ta unduh… jeut neu ubah dari pdf keu jar.. aplikasi lon han jitem baca… trimong keunaseeh….

  18. 27 October 2012 at 7:06 pm

    Irfan, wlkmslm. Nyan cit ka lam format pdf Aduen. H’an jeuet lonubah le.

  19. Ina
    28 October 2012 at 11:00 am

    Apa artinya dalam bahasa indonesia “Bek tuo uro Nyo” ? Bisa bantu?

  20. 28 October 2012 at 5:53 pm

    Bèk tuwo uroë nyoë = Jangan lupa hari ini

    ________________________________

  21. tengku arya
    31 October 2012 at 12:51 pm

    udah didownload tarimong genaseh…

  22. 3 November 2012 at 8:07 am

    izin download yah…terimakasih…salam kenal….

  23. Anonymous
    9 November 2012 at 9:14 am

    ijin donlod , thx

  24. 4 December 2012 at 4:09 pm

    boh punti taukan bahasa indonesianya apa kok tdk ada dgn mbah gogle..tks

  25. Rizky
    21 December 2012 at 12:12 am

    Aku pengen bisa belajar bhasa aceh..kekasihku orang aceh.gmana cranya

  26. armiya
    21 December 2012 at 7:14 pm

    izin ngunduh ya ,,,
    perlu kamus bhsa aceh nea, ada tgas kmpus …
    trimeng geunaseh ….

  27. 5 January 2013 at 4:26 pm

    Cara pengucapannya eu apa seperti bahasa sunda? Kalau nyanyak (?) apa artinya?

  28. 14 January 2013 at 8:03 pm

    Aysha, bunyi /eu/ bahasa Aceh tidak sama dengan bunyi /eu/ dalam bahasa Sunda. Untuk mendengar bunyi /eu/ bisa didengar di .

    Nyanyak itu panggilan kesayangan untuk anak. Diambil dari kata “manyak” yang artinya “kecil”. Variasinya ada kata “nyak” dan “sinyak”. Selain itu kata “nyak” juga bisa panggilan untuk ibu.

  29. Anonymous
    28 January 2013 at 6:33 pm

    omaa bereh that blog nyoe,,,:D

  30. cheleea
    6 February 2013 at 9:35 am

    disediain juga versi mp3 donk ka… jadi bisa belajar dialek nya juga

  31. 11 February 2013 at 9:04 pm

    MP3 lagu Aceh?

  32. alfiana zahra syarifa
    16 March 2013 at 12:26 pm

    saya juga ingin belajar bahasa aceh ajarin dong

  33. Anonymous
    7 April 2013 at 3:41 pm

    mau tanya..kalo bahasa acehnya SUKA-SUKA SAYA ??? mkaasi

  34. iyii
    7 April 2013 at 8:28 pm

    mau belajar bahasa aceeeh😉 uniiik

  35. Anonymous
    23 April 2013 at 2:49 pm

    munyoe bahasa aceh jih esmenen pue adoen ?😀

  36. Anonymous
    5 May 2013 at 10:12 am

    Izin unduh yaa….ada PR bhs aceh

  37. 15 May 2013 at 2:54 pm

    suka-suka saya = galak-galak lôn

    esmenen, nyan hom:)

  38. jeck
    25 May 2013 at 7:19 pm

    Bang kalau bahasa aceh dasar orang susah apa’an ya.tolong dong

  39. 2 June 2013 at 11:55 pm

    Jeck, kalau untuk yang jelek-jelek lebih baik ga usah diterjemah ya. Hehe:)

  40. nasata
    10 June 2013 at 9:36 am

    pak tolong di buatkan ke ebook
    dan byetnya tidak besar

  41. Anonymous
    11 June 2013 at 3:30 pm

    Bahasa acehnya aku takut kehilanganmu apa yach??

  42. Anonymous
    12 June 2013 at 1:44 pm

    kalau ini artinya apa ?
    “Ngah..Futry indah mulia hati sekedang nafraah ?”

  43. 19 June 2013 at 11:10 am

    Wah, bukan bahasa Aceh tuh..:)

  44. Farel
    13 July 2013 at 1:07 pm

    bhs acehnya….engkau cinta sejatiku, semoga Alllah SWT memberkahi….apa yaaa

  45. bellasafira
    29 July 2013 at 1:06 am

    bhs aceh ke bhs indonesia,,tlg d tag makasi,,,

  46. 4 October 2013 at 8:41 am

    mantap udah boleh bikin yang untuk android tuh

  47. 26 October 2013 at 3:59 pm

    biar cepat bisa bahasa aceh gi mane y.

  48. cici
    28 October 2013 at 1:54 pm

    kalau mau download kamus nya gmn??saya mahasiswi master linguistik ingin membedah ttg kategori bahasa aceh dgn pisau bedah morfologi generatif
    saya butuh byk referensi…kalau boleh dan tdk merepotkan tlg krm ke email saya:chyci_naeka86@yahoo.com
    thanx before:)

  49. 29 October 2013 at 10:19 am

    Cici, tinggal diklik saja link-nya. Itu langsung ke berkasnya dalam bentuk pdf.

  50. 29 October 2013 at 10:20 am

    Supaya cepat bisa, praktekkan berbicara bahasa Aceh dengan orang Aceh..

  51. cici
    7 November 2013 at 3:34 pm

    thanx ya atas saran nya:)

  52. Diza Rubiani
    27 February 2014 at 5:28 pm

    Itu bagus,agar menambah pengetahuan

  53. 1 March 2014 at 2:20 pm

    assalamualaikum lon neuek tanyeng peu ceumeukeu’ek dlmbhs indonesia?

  54. 6 March 2014 at 7:39 pm

    Ceumeukök = Cegukan (Indonesia) = Hiccup (English)

  55. fanny
    15 March 2014 at 8:43 pm

    Aq pengen bhasa aceh. Krna aq suku aceh. Malu klo gk bs bhasa aceh

  56. 17 March 2014 at 1:42 am

    Yg mana yg mau di unduh…kok ga bisa ya? Hana tupue

  57. 18 March 2014 at 1:21 pm

    gc tau, , kalau bhsa aceh apa. . .m0h0n d blz

  58. 24 March 2014 at 4:46 pm

    kurik pe ara ate we apa lagi jema , #ike jemen seni lebih mu ate kurik daripada jema

    ini artinya apa ndan ??

  59. 25 March 2014 at 4:09 pm

    Yusdi, itu bahasa Gayo, bukan bahasa Aceh. Bahasa Gayo itu salah satu bahasa daerah yang ada di Aceh dituturkan di wilayah dataran tinggi.

  60. 25 March 2014 at 4:09 pm

    Ga tau = Hana tupeuë

  61. Anonymous
    21 April 2014 at 6:39 pm

    Bahasa acehnya tercinta apa? Mohon di bales

  62. Miksal
    30 April 2014 at 12:33 am

    Alah di awak nyo yg jeut bhs aceh pih ulok2

  63. putri dayen butar-butar
    23 May 2014 at 11:36 am

    kenapa gak bisa di donload sih !!!!!!???????????????????

  64. putri dayen butar-butar
    23 May 2014 at 11:41 am

    kak balasya dan tolong dibuat agar bisa di DONLOAD

  65. putri dayen butar-butar
    23 May 2014 at 11:43 am

    kak blsya bahasa Aceh seluruh tubuh dari rambut-ujung kaki tolong ya kak

  66. indra
    31 May 2014 at 9:16 am

    mau tanya arti dari : be meuno medeh ?

  67. 25 June 2014 at 11:05 pm

    Bèk meunoë meudéh, arti harfiahnya “jangan begini begitu”. Kalau diartikan secara makna, lebih kurang “jangan banyak tingkah”.

  68. 25 June 2014 at 11:06 pm

    Putri Dayen, udah ada postingannya tentang anggota tubuh. Coba dilihat-lihat lagi..

  69. 25 June 2014 at 11:06 pm

    Yang mana ga bisa diunduh Putri? Kayaknya ga ada masalah..

  70. eva
    9 July 2014 at 12:58 pm

    assalamualaikum saya ingin bertanya keujren blang itu artinya apa ya,,,? terimakasih

  71. Anonymous
    17 July 2014 at 5:43 pm

    bahasa aceh nya selamat tingall masa lalu apo

  72. 17 August 2014 at 7:53 am

    That careung ureung pngeut kmus ny0e

  73. Anonymous
    27 August 2014 at 12:00 am

    Ingin belajar bahasa aceh, boleh ay di kasie tau !

  74. 3 December 2014 at 1:48 pm

    Assalamualaikum..saya mau belajar bahasa aceh, karena saya lahir Dan besar dijakarta. Mohon petunjuknya. Makasih ya..walaikum Salem.

  75. 16 April 2015 at 2:13 pm

    Meunyoe iniem, bahasa indonesia pue?

  76. 19 April 2015 at 4:45 pm

    Iniëm = bagian bersabut pada pangkal daun jenis tanaman palma (Kamus Aceh – Indonesia)

  77. Anonymous
    10 May 2015 at 6:09 pm

    wah ternyata banyak yah yg mau mengenal tentang aceh. salam

  78. 10 May 2015 at 6:12 pm

    wate perle peng sabe tan soe bantu pue yak bantu gob papma ju keudeh, mohon translate y

  79. 19 May 2015 at 2:22 pm

    “wate perle peng sabe tan soe bantu pue yak bantu gob papma ju keudeh” kira2 ditermahkan:
    Waktu perlu duit, selalu ga ada yang bantu. Ngapain batu orang lain. Enyahlah sana.

  80. Anonymous
    20 May 2015 at 9:08 am

    Sangat bagus sekali

  81. 6 June 2015 at 12:13 am

    Jipoet. itu apa eah bhs indonesia nya?

  82. 6 June 2015 at 12:39 am

    Jinoe han le taniet na itu arti ny apa,mhon d blz eah,trus wet2 aneuk sabe arti ny apa,’

  83. 20 June 2015 at 4:33 pm

    Jipôt = Bertiup
    Angèn jipôt teuga that = Angin bertiup sangat kuat

    Jinoë h’an lé taniët na = Sekarang sudah kita dihiraukan
    Jinoë = sekarang
    H’an lé = tidak lagi
    Taniët = kita berniat
    Na = ada

    Wét-wét = Putar-putar (jalan-jalan)
    Aneuk = Anak
    Sabé = Selalu

  84. sophia arche
    18 July 2015 at 9:06 pm

    luwat teuh inong nyan artinya apa ya?

  85. abun sundjaja
    15 September 2015 at 10:41 am

    Model busan wanita(7 hurup)

  86. asyifa ellfazmy
    2 October 2015 at 8:47 pm

    Saya ingin melihatnya tapi bahasa nya gak tau,ingin melihat kamusnya tapi gak tau mana yg mau di tekan,saya harap kamus ini bisa berkembang lagi ingin rasanya belajar bahasa aceh,tapi yg tau arti “droe” tolong jawab ya soalnya ada tugas nih di kerjaan di meulaboh aceh barat

  87. asyifa ellfazmy
    2 October 2015 at 8:49 pm

    Ehh arti bahasa droe apa yaaa?? Tolong jawab yg disini orang aceh ada tugas betubetumpuk tumpuk

  88. asyifa ellfazmy
    2 October 2015 at 8:52 pm

    Tolong jawab droe yaa

  89. Anonymous
    22 October 2015 at 8:12 am

    pengen belajar B. Aceh 😓 setiap bicara sama Suami itu agak Susah antara Jawa feat. Aceh .. Izin utk unduh Bg, 😁

  90. irma
    24 November 2015 at 3:59 pm

    Kamus Bahasa Aceh versi mobile tidak bisa di unduh…

  91. azian
    7 January 2016 at 3:54 pm

    Aku dari malaysia..aku mau kamu tolongin aku dong tranlate bahasa ini dalam indonesia…aku kepingin tahu ..( jet keureng kop tamak ke anak,.dip nan ka na anak pe lom…nyo saboh pelah aju kelon, sangat kuwo uaceh, han ek kuduk le… lam rantou, blah then ka lam rantou, meuhonda warrion han ek ta blo lom..isu ot, rumoh kan kaleh kupeget, honda metik kan kleh kablo.. nyan pane jet tabulah2 , honda ineng, lom honda agam cit… menyo yana kali nyo kuplung long…na nedige..

  92. teuku njak amer
    12 January 2016 at 11:37 am

    kiban tulisan “suloh”

  93. 17 February 2016 at 12:37 am

    mau tanya kalo bahasa aceh nya “perempuan” apa ya ? trims

  94. Anonymous
    16 March 2016 at 8:37 am

    klo loen galak roneh itu apa artinya gan???

  95. 24 March 2016 at 10:52 am

    Lawan dari Kata putroe

  96. kiki ramadhan
    30 March 2016 at 6:20 pm

    Permisi saya.suka berbagai suku dan bahasa biar saya asli orang jakarta pengen rasa nya bisa bahasa suatu daerah tolong ajar kan kalimat nya bahasa sehari” aja tolong ajar kan saya
    Contoh
    aku sayang kamu ( arti nya apa
    aku rindu kamu ( arti nya apa
    Mau kamu menikah dengan saya (arti nya apa

    Tolong unduh nya lama skali tolong ya email kiki1984ramadhan@gmail.com

  97. Rahmat
    11 June 2016 at 4:21 pm

    Mau nanya. GELEPAK GOB TOP. apa artinya ? Makasi

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 45 other followers

%d bloggers like this: